Kenikmatan yang H.Q.Q

Sejarah Kue Balok

Banyak yang penasaran tentang Sejarah Kue Balok. Karena banyak yang tidak mengira bahwa makanan ini sebenarnya sudah ada sejak jaman kolonial Belanda.

Beberapa tahun belakangan kue balok kembali hits dikalangan penikmat kuliner khususnya di Kota Batam, tapi siapa menyangka bahwa makanan ini sebenarnya adalah makanan peninggalan kolonial Belanda. Kue balok bisa dibilang kembaran dari kue pukis yang membedakan adalah kalau kue pukis menggunakan santan, kue balok menggunakan susu.

Masih menjadi perdebatan asal usul kue balok, ada yang bilang berasal dari Garut ada juga yang bilang dari Bandung. Yang pasti kue balok sudah dikenal sejak jaman kolonial Belanda. Konon katanya dulu ada seorang juru masak Indonesia bekerja pada orang Belanda untuk membuat ransum, Ia membuat kue padat yang bisa bertahan lama dan mengenyangkan, kemudian ditahun 50’an kue padat tersebut berkembang dikawasan Bandung terutama dikalangan menengah kebawah.

Dikala itu kue balok menjadi menu sarapan pagi bagi pedagang ataupun tukang becak dikawasan Bandung. Karena rasanya yang mengenyangkan dan mengandung banyak kalori kue balok diberi julukan hiji oge seubeuh (satu pun kenyang) makanan ini sangat digemari disana, juga rasa manisnya yang bisa membuat siapa saja ketagihan.

Kue Balok di Batam

Miaulicious mulai berkreasi dengan kue balok sejak 2018 di Batam. Kue balok a’la Miaulicious ada 2 jenis yaitu coklat lumer dan original dengan menggunakan berbagai macam topping keduanya disajikan secara eksklusif bagi penikmat kuliner di Batam. Awalnya, Miaulicious mulai dengan sistem PO lewat Facebook dan Instagram namun karena demand dari kue balok kami meningkat, Miaulicious bekerja sama dengan GoJek dan menghadirkan kue balok di GoFood yang ready setiap hari, juga Miaulicious membuka cabang di Penuin.

Hal yang lucu selama perjalanan Miaulicious adalah sebetulnya Miaulicious hanya memasarkan produknya untuk wilayah Batam, namun pernah ada kesempatan ada customer yang beli padahal dia berdomisili di Padang, akhirnya kami titip 10 kotak kue baloknya ke kerabatnya yang kebetulan mau berangkat ke Padang. Miaulicious juga sering dapat orderan dari luar Batam seperti Tj. Balai Karimun, biasanya dengan sistem PO dan dititipkan ke kapal yang akan berangkat kesana.